Monday, December 26, 2011

PT SMA Masuki Persiapan Panen pada Semester I Tahun 2012


teks foto:Jalan akses di lokasi perkebunan PT Sawit Mitra Abadi, Desa Pangkalan Teluk, Nanga Tayap, Ketapang, Kalimantan Barat. FOTO I Made Sinarta.

Oleh: Safitri Rayuni
Saat ini PT Sawit Mitra Abadi (PT SMA) yang berlokasi di Desa Pangkalan Teluk, Nanga Tayap, Ketapang, Kalimantan Barat, sedang dalam tahap pembukaan lahan (land clearing ), penanaman, dan perawatan (maintenance ) tanaman belum menghasilkan (TBM).
Direncanakan pada semester I tahun 2012 PT SMA masuk pada persiapan panen.
Senior Asisten Manajer, I Made Sinarta mengatakan, saat ini jumlah karyawan untuk estate Abadi 2 sudah memadai. “Kami banyak mengambil tenaga kerja lokal untuk dibina dengan baik. Saat ini sudah ada satu tim yang terdiri dari 15-20 orang,” terangnya.
Sebaliknya, di estate Abadi 1, PT SMA masih mengalami kekurangan tenaga kerja, khususnya karyawan tanam. Jumlah yang diperlukan sekitar 20 orang karyawan. “Ini dikarenakan areal di Abadi 1 lebih luas,” kata Made.
Kemampuan tanam satu karyawan tanam umumnya 40-60 pokok per hari. Untuk mengefektifkan waktu kerja, PT SMA mengubah jadwal master training yang biasa dilakukan pagi hari menjadi sore hari.
“Isinya membicarakan program besok yang akan dikerjakan, waktu pagi hanya digunakan untuk absensi langsung berangkat kerja,” terang Made.●
safitrirayuni@gmail.com

No comments: